REVIEW FILM BUMI MANUSIA


DI MATA PEMBACA NOVELNYA




Hello readers! Kali ini aku mau nulis review film BUMI MANUSIA nih. Sebenernya film ini udah cukup lama tayang di bioskop, tapi baru kepikiran buat nulis review-nya di sini. Dan berhubung aku nonton filmnya di hari-hari awal penayangan dan sekarang udah kurang lebih sebulan berlalu, mungkin bakal ada beberapa part yang lupa untuk aku tekankan di sini. Tapi yang jelas, ada beberapa hal juga yang mau aku sampaikan soal film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini.

Film ini udah aku tunggu-tunggu sejak banyak pemberitaan soal novel Bumi Manusia yang mau diangkat jadi film dan Iqbaal Ramadhan bakal jadi pemeran utamanya yaitu Minke. Kalo gak salah, ini berita tahun lalu kali ya? Pokoknya karena aku juga pembaca novelnya, aku penasaran banget sama filmnya bakal kayak gimana. Jadi tentunya aku nonton film ini di hari-hari awal panayangan. Udah gak sabar banget soalnya waktu itu!

Karena ini udah kurang lebih sebulan berlalu, aku cuma mau kasih review singkat aja ya soal film ini. Secara keseluruhan, film nya sesuai banget sama yang ada di imajinasi aku waktu baca novelnya zaman SMA dulu. Pemeran Minke, Annelies, Nyai Ontosoroh, Darsam, dan teman-teman Minke juga sangat sesuai dengan yang ada di bayanganku selama ini. Cuma yang agak berbeda dengan bayanganku adalah Robert Mallema. Selama baca bukunya aku ngebayangin kakaknya Annelies ini badannya tinggi, besar, berwibawa. Tapi ternyata di filmnya lebih terlihat seperti remaja biasa.

Selain soal penggambaran pemainnya, penggambaran setiap adegannya patut untuk diapresiasi. Benar-benar sama persis seperti yang pernah aku bayangin pas baca novelnya! Salut! Ini bukan melebih-lebihkan tapi mungkin film yang penggambaran adegannya sama persis dari novel yang diangkat bisa dihitung jari kali ya? Nah film Bumi Manusia ini menurut aku adalah salah satunya. Adegan-adegannya persis banget. Mulai dari color grading-nya, tempat shooting adegan tersebut, juga acting para pemerannya. Keren deh pokoknya!

Cuma mungkin, karena keterbatasan waktu juga, gak semua cerita yang ada di novelnya itu bisa tergambarkan. Bahkan bisa dibilang bukan sekedar “tidak bisa tergambarkan secara sempurna” tapi malah “tidak digambarkan sama sekali”. Untuk hal ini mungkin jawabannya adalah waktu ya. Karena kalo untuk film di bioskop sendiri kan gak mungkin lama-lama ya.. kalo lama mah namanya jadi film seri haha. Nah padahal, novel karya Pramoedya Ananta Toer ini complicated banget! Banyak banget adegan seru yang sebenernya aku suka banget tapi gak digambarkan di filmnya. Kalo di film, lebih menggambarkan inti ceritanya aja yaitu cerita cinta Minke dan Annelies yang terkendala kasta sosial di era itu, yaitu antara orang Indo dan pribumi. Padahal, banyak cerita pendukung yang malah terasa kayak bikin ceritanya jadi “meliuk-liuk” bukan cuma “lurus aja” soal cerita Minke dan Annelies.

Nah jadi secara keseluruhan film ini worth to watch gak sih? Kalo menurut aku, of course! Karena film-nya bagus banget, bikin kita ngerasain gimana sih kehidupan era itu. Dan ini juga merupakan pengalaman pertamaku nonton film Indonesia yang 90% gak pake bahasa Indonesia. Tapi pake bahasa Belanda dan selebihnya pake bahasa Jawa juga Indonesia. Jadi seru banget deh rasanya nonton film dari negeri sendiri tapi tetap terpaksa baca subtitle karena gak ngerti bahasa Belanda hahahahahaa

Buat kalian yang belom nonton filmnya, langsung aja deh nonton di bioskop-bioskop kesayangan kalian. Walaupun rasanya kayak telat banget sih, tapi ini worth to watch banget! Menurut aku film ini cocok banget buat anak muda atau remaja karena perjuangan soal kehidupan percintaannya benar-benar tergambarkan dengan jelas. Baik soal cinta dengan keluarga maupun cinta dengan pasangan.

Dan buat kalian yang udah nonton tapi belom baca novelnya, cusss bisa langsung baca novelnya dan aku jamin bakal nemu banyak cerita yang gak tergambarkan di film tapi asli seru abis! Bahkan kalo kataku emosi di novelnya tergambar banget deh.

Sekian dulu review kali ini. Maaf kalo gak terlalu detail. Ini review film pertamaku, aku harus banyak belajar juga. Semoga membantu buat kalian yang masih bingung kalo ke bioskop mau nonton film apa, bisa langsung pilih Bumi Manusia deh! Hehehe

See you in next review!


Sumber foto : https://www.liputan6.com/showbiz/read/4037272/kesan-sultan-hamengkubuwono-x-usai-menonton-film-bumi-manusia

Comments

Popular Posts