NASI GORENG ENAK DEKAT PASAR KLOJEN



Nasi Goreng. Makanan Indonesia yang paling banyak dikenal oleh dunia. Harganya bisa selangit kalau ditemui di restoran. Tapi sebenarnya, makanan ini juga banyak ditemui di pinggir jalan berbagai kota di Indonesia. Yang bahkan harganya bisa lebih miring, dengan rasa yang gak kalah enak!

Nah, beberapa waktu lalu, saat saya pulang Gereja di suatu sore, saya dan Mama rasanya sedang sangat kelaparan dan iseng mencari tempat makan yang terlihat enak dan bisa cepat disajikan. Kami pun melihat ada gerobak nasi goreng yang cukup ramai dikelilingi orang-orang dari berbagai kalangan. Anak muda, ibu-ibu, juga bapak-bapak. Karena penasaran seperti apa rasanya, berhentilah kami di sana dan memesan menu yang mungkin menjadi andalannya yaitu Nasi Goreng—ya itu karena yang tertulis di gerobak hanya tulisan “NASI GORENG” meski ada juga menu lainnya.

Namun ternyata, niat kami untuk mendapat makanan dengan cepat tidak berhasil tercapai. Karena banyaknya antrian malam itu, kami pun berakhir dengan menunggu sambil memesan teh hangat di gerobak sebelah.

Ketika pesanan datang, saya dan Mama pun langsung memakannya dengan lahap. Walau isi nasi goreng ini hanya ayam dan telur, tapi rasanya ternyata sangat enak. Perpaduan rasa manis dan asinnya sangat pas. Porsinya juga cukup lah.. pantas saja ramai saat kami datang.


Pemilik usaha nasi goreng ini bernama Pak Rokim. Bapak asli Banyuwangi ini sudah menekuni usaha ini kurang lebih 3 tahunan. Menurutnya, membuka usaha nasi goreng pinggir jalan ini harus telaten. “Ya lihat saja Mbak, nasi goreng kaki lima itu kan banyak sekali. Di sisi sana aja ada juga, gak jauh dari sini,” jelasnya. 


Namun, Pak Rokim termasuk hebat lho kalau saya pikir-pikir. Walaupun menunya hanya Nasi Goreng dan Mie Goreng, beliau sudah bertahan di tempat itu dalam waktu yang cukup lama. Ketika pulang Gereja pun, saya dan Mama sesekali masih suka makan di tempat ini. Walaupun kaki lima, kalau rasanya pas di lidah, why not?

PLUS AND MINUS

PLUS :
- Enak!
- Penjualnya ramah
- Terdapat penjual minuman tepat di sebelah gerobak Pak Rokim. Jadi mudah untuk mencari minuman setelah makan. Menu minumannya pun beragam
- Tersedia tempat duduk

MINUS :
- Porsinya cukup. Sebenarnya ini bukan termasuk sisi negatif karena porsinya memang cukupan. Hanya mungkin bagi Anda yang suka makan dengan porsi besar kurang kenyang kalau makan di sini. 
- Tidak ada tenda seperti warung makan pinggir jalan. Tempat ini hanya mengandalkan “kanopi” dari genteng bangunan yang ada di situ sebagai penangkal hujan. Namun “kanopi” itu tidak terlalu panjang juga, sehingga bila datang ke sini saat sedang hujan deras, ada kemungkinan akan terkena hujan.


NASI GORENG PAK ROKIM
Tempat : perempatan Pasar Klojen, di seberang Depot SHANGRILA
Menu  : Nasi Goreng, Mie Goreng (bisa request pedas)
Harga : Rp 10.000,00 (tambah telor nambah Rp 3.000,00)
The best time to buy : warung ini mulai berjualan sejak jam  6 sore dan biasanya sampai jam 10 malam saat stok sudah habis. Jadi, kalau tidak mau kehabisan, jangan datang terlalu malam, ya!
Buka : setiap hari

Comments

Post a Comment

Popular Posts