I ACTUALLY LOVE MY DAD

Apa kalian sayang ayah?
Ya, kalau begitu sama sepertiku
Aku pun menyayanginya, sama seperti yang kalian lakukan



Tetapi saat kadang ditanyai, "Sayang papa?"
terkadang aku hanya diam, tidak menjawab
Itu karena beberapa hal
Antara aku malu untuk menjawab, ya karna .. aku gugup. Aku benar-benar menyayanginya
Atau, karena aku masih belum rela mengatakan bahwa aku menyayanginya 100%

Dan hal yang menjadi penyebabnya adalah apa yang pernah dilakukan ayahku padaku yang mungkin, sampai sekarang masih kucoba untuk memaafkan
Aku selalu berdoa di gereja setiap pagi untuk mendoakan dirinya
Ya Tuhan, buatlah aku jadi lebih menyayanginya
Aku tau ia menyayangiku, but how? Aku belum bisa mengikhlaskannya

Dan sampai tadi pulang sekolah, ibuku bercerita tentang ayah yang akan berangkat bekerja lagi di luar kota
Katanya saat di bandara, ayahku meminta maaf

Satu kata yang aku pun tahu tidak pernah dikatakan oleh ayahku

"maaf"

ya

M-A-A-F

kesalahan sebesar apapun, ia selalu menyalahkan orang lain
Tidak pernah mau sadar akan kesalahannya, apalagi meminta maaf

Aku pun menangis tadi siang untuk beberapa saat

Karena aku sadar, bahwa Tuhan itu Mahabaik

Usahaku untuk mendoakannya setiap harinya tak sia-sia

Karena aku yakin, semua itu bertahap

Mulai dari minta maaf sampai akhirnya aku bisa menyayanginya 100%



I love you, dad

Comments

Popular Posts